Senin, 23 April 2012

JAWABAN UTS MANAJEMEN KARIR


NAMA            : M.KHOLISUL.F
NIM                : 01209104
JAWABAN SOAL UTS MANAJEMEN KARIR

1.   A.  Jalur karir adalah pola urutan pekerjaan (Pattern of Work Sequence) yang harus dilalui pegawai   untuk mencapai suatu tujuan karir. Tersirat di sini, jalur karir selalu bersifat formal, dan ditentukan oleh organisasi (bukan oleh pegawai).
      B.  Manajemen karir adalah proses pengelolaan karir pegawai yang meliputi tahapan kegiatan perencanaan karir, pengembangan dan konseling karir, serta pengambilan keputusan karir.
     C. Konseling karir adalah proses mengidentifikasi masalah-masalah yang berhubungan dengan karir seorang pegawai serta mencari alternatif jalan keluar dari berbagai masalah tersebut.

2.         Secara luas, manajemen karir meliputi seluruh kegiatan yang berkenaan dengan pekerjaan pegawai. Kegiatan ini di mulai dari proses penarikan (rekrutmen) pegawai, penempatan pegawai, pengembangan pegawai, dan berakhir pada pemberhentian pegawai.

3.         A. Perencanaan karir pada perusahaan.
·         Meskipun tanggung jawab utama untuk perencanaan karir terletak pada individu, perencanaan karir organisasional harus benar-benar sejalan dengan perencanaan karir individual jika perusahaan ingin mempertahankan para karyawannya yang terbaik dan terpandai.
·         Para karyawan harus melihat bahwa upaya perencanaan karir organisasional diarahkan untuk meningkatkan tujuan karir spesifik mereka.
·         Perusahaan harus membantu para karyawannya untuk menetapkan tujuan karir dan terutama keamanan karir mereka.
·         Perusahaan harus memberi para karyawannya peluang-peluang untuk mempelajari dan mengerjakan hal-hal yang berbeda. Mengerjakan tugas yang sama atau mirip dari waktu ke waktu hanya memberikan perkembangan yang kecil.
B. Perencanaan karir pada individual.
·         Keadilan dalam berkarir.
·         Kepedulian atasan dalam pengembangan karir bawahannya.
·         Informasi mengenai peluang pengembangan karir.
·         Kesesuaian peluang karir dengan minat karyawan.
·         Mendapatkan kepuasan dalam berkarir.

4.         1. Dialog.
2. Bimbingan.
3. Keterlibatan individual
4. Umpan balik.
5. Mekanisme perencanaan karir

5.         a.Hubungan pegawai dan organisasi.
            b.Personalitas pegawai
            c.Faktor-faktor eksternal
            d.Politicking dalam organisasi
            e.System penghargaan
            f.Jumlah pegawai
            g.Ukuran organisasi
            h.Kultur organisasi
            i.Tipe manajemen

6. organisasi yang sukses akan berkesinambungan dengan kemajuan jenjang karir seorang  karyawan.Dalam situasi yang ideal, pegawai dan organisasi berada dalam hubungan saling menguntungkan. Baik pegawai maupun organisasi dapat mencapai produktifitas kerja yang tinggi.

7.         - Dapat mengerti bagaimana jalur karir pribadi untuk ke depan.
            - Dapat memahami sistem seleksi karyawan indonesia
            - Menyiapkan diri untuk menjadi pencari kerja yang profesional
            - Dapat menhadapi psikotes dan wawancara dengan sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar